Activity › View Activity

Dosen dan Mahasiswa Pasca Sarjana Antusias Mengikuti Forum llmiah Peluang dan Tantangan Kurikululum MBKM

March 07, 2024 by Arsip

Pada tanggal 6 Maret 2024, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bhinneka PGRI (LPPM UBhi) menggelar forum ilmiah yang bertajuk "Peluang dan Tantangan Pendidik dalam Pembelajaran pada Kurikulum MBKM". Acara ini dihadiri oleh para dosen di lingkungan kampus UBhi dan juga oleh mahasiswa Magister Pendidikan pendidikan yang tertarik untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi (MBKM). Forum ini diselenggarakan secara rutin oleh LPPM dan pada forum ilmiah ini menampilkan dua pemateri dari kalangan dosen UBhi yaitu Dr. Sulastri Rini Rindrayani, S.Pd., M.M. dan Dr. Ajar Dirgantoro, M.Pd. Keduanya membahas secara mendalam tentang peluang dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum MBKM.

Dr. Ajar Dirgantoro, M.Pd., membahas tantangan yang mungkin dihadapi oleh pendidik dalam menerapkan Kurikulum MBKM. Beliau menyoroti beberapa aspek, termasuk pemahaman yang belum merata tentang esensi MBKM di kalangan pendidik, perubahan paradigma dalam proses pembelajaran, serta kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam mendukung implementasi MBKM. Tantangan ini tidaklah mudah, namun dengan kesadaran akan pentingnya adaptasi, pendidik dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan memperkaya diri melalui pelatihan dan pendampingan yang diperlukan.

Dr. Sulastri Rini Rindrayani, S.Pd., M.M., dalam paparannya menyoroti berbagai peluang yang terbuka bagi pendidik dengan adopsi Kurikulum MBKM. Beliau menekankan bahwa MBKM memberikan ruang lebih besar bagi kreativitas pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman. Kurikulum MBKM memungkinkan pendidik untuk lebih memfokuskan pembelajaran pada pengembangan kompetensi yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks.

Diskusi antara kedua pemateri dan peserta forum juga menggali berbagai strategi dan solusi untuk mengoptimalkan peluang dan mengatasi tantangan dalam penerapan Kurikulum MBKM. Salah satu kesimpulan yang ditarik adalah perlunya sinergi antara semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, lembaga pendidikan, industri, dan masyarakat, dalam mendukung transformasi pendidikan menuju MBKM. Forum ilmiah yang dihelat oleh LPPM UB ini memberikan wadah yang sangat berguna bagi para pendidik dan akademisi untuk bertukar ide dan pengalaman dalam menghadapi perubahan paradigma pendidikan. Melalui pembahasan yang mendalam tentang peluang dan tantangan Kurikulum MBKM, diharapkan dapat mendorong terciptanya pembelajaran yang lebih relevan dan berdaya saing tinggi bagi generasi penerus bangsa. 

 


Back to top

More News

16 Jan 24

UBhi telah Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/2025 dan Ragam Beasiswa

Sebagai langkah nyata dalam mendukung akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Universitas Bhinneka PGRI UBhi yang berlokasi di J...

Read more
26 Jun 23

Dies Natalis Universitas Bhinneka PGRI Ke-38

Universitas Bhinneka PGRI UBHI pada hari Sabtu tanggal 24 Juni 2023 merayakan Dies Natalis yang ke-38. Kegiatan ini merupakan se...

Read more
12 Jul 23

Dosen Prodi Fakultas Sosial dan Humaniora Lolos Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbudristek Dikti 2023

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Bhinneka PGRI Yulia Nugrahini M.Pd berhasil lolo...

Read more
02 May 24

Selamat dan Sukses, Pada Peringatan Hardiknas 2024, Mahasiswa dan Dosen UBhi Borong Hibah P2MW, PKM, PPK Ormawa dan Lomba PKM AI

Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2024 dirayakan dengan penuh semangat oleh seluruh civitas akademika Unive...

Read more
20 Sep 23

Dosen Universitas Bhinneka PGRI Mengikuti Kegiatan TOT di Park Institute of Vocational Technology Suzhou Jiangsu

Perwakilan dosen dari Universitas Bhinneka PGRI mengikuti kegiatan Industrial Vocational Training of Trainer TOT pada bulan Agus...

Read more
Show more